Kamis, 24 Januari 2013 | 11.09 | 0 Comments

Sejarah Dan Perkembangan Operating System Android


Makin meraja aja nih sirobot ijo alias android. Sebelum si robot ijo ini tumbuh pesat, tentu ada history nya yang mungkin bagi publik belum tahu tentang perkembangan si robot ijo hingga populer disaat ini. Sebelum saya beritahu perkembangannya, mari kita tengok apa itu android? Android merupakan merupakan sistem operasi untuk perangkat ponsel yang berbasis atau kernel Linux.

Pendiri Android meyakinkan Google

Android didirikan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White pada tahun 2003. Pada tahun 2005, Andy Rubin salah satu pendiri Android bertemu dengan Larry Page salah satu pendiri Google untuk mempresentasikan hasil karyanya si robot ijo tersebut. Dan pertemuan tersebut juga bukan pertemuan yang pertama kalinya, 3 tahun sebelumnya mereka juga pernah bertemu ketika Andy Rubin akan merilis smartphone buatanya yang bernama Sidekick yang memakai mesin pencari default Google. Hubungan mereka berdua kian membaik dan Rubin mengajak Larry Page untuk bertemu kembali berniat untuk memamerkan OS buatanya tersebut. Rubin kemudian berpresentasi kepada Larry Page bahwa ponsel semakin menuai popularitas dan sayangnya industri mobile terjebak sistem yang tertutup. Rubin mempunyai solusi terbaiknya, dengan Android yang merupakan platform mobile open source yang dapat di instal diberbagai vendor ponsel. Waktu itu dikatakan pula, bahwa android yang merupakan spirit Linux akan sepopuler Windows.

Android Dipinang Google

Larry Page berpikir bahwa ponsel masih kurang powerful dan softwarenya berbeda-beda. Selain itu, iklan dan layanan Google bisa jadi tidak akan tampil bagus di ponsel. Nahh,,, disaat ini nih Android akan digenggam sepenuhnya oleh Google. Disaat itu Larry Page merasa khawatir bahwa mobile nantinya juga akan di kuasai Microsoft, karena disaat itu Windows Mobile sedang tumbuh pesat. Larry Page memulai bertindak cepat untuk mengantisipasi hal tersebut. Larry Page akhirnya memutuskan untuk membeli Android secara keseluruhan. Andy Rubin merasa sangat senang mendengar pernyataan tersebut. Pada bulan Juli 2005, Android dipinang oleh Google sekitar USD 50 juta. Wahhh..banyak amatt...

Pengenalan Android

Pada Bulan November 2007, diumumkan terbentuknya Open Handset Alliance yang didirikan Google bersama 34 perusahaan lain, untuk mengembangkan OS Open Source. Kala itu, yang masih ragu terutama pesaing seperti CEO Microsoft Steve Ballmer menilai kata-kata Google kosong. Dari pihak Nokia sendiri juga mengatakan bahwa OS tersebut hanya Open Source dan bukan merupakan ancaman yang yang serius. Seminggu kemudian, Google meluncurkan software developer kit Android gratis di websitenya dan mengadakan perlombaan aplikasi terbaik. Google akan merilis Operating System yang bisa dipakai ooleh berbagai vendor. HTC, Motorola dan LG mengumumkan rencana produksi handset Android. Disaat itu pula  CEO Google Eric Schmidt optimis dan berkata Android adalah pembuatan ulang internet dan cerita tentang PC. Dan semua itu akan terjadi pada tahun depan.

HTC Dream/G1

Ponsel pertama dengan sistem operasi Google Android akhirnya dirilis tahun 2008. Ponsel besutan HTC yang dinamakan T-Mobile G1 itu diluncurkan di New York dan kala itu digadang-gadang bakal menggoyang dominasi smartphone Apple iPhone ataupun BlackBerry. Ponsel itu mulai dijual di Amerika Serikat pada bulan Oktober seharga USD 179 dan di Inggris pada awal November. Kedatangan Android tentunya meruncingkan persaingan antara Google dengan para rival seperti Apple, Microsoft dan Nokia untuk menciptakan software ponsel generasi masa depan.

Joinnya Berbagai Vendor Untuk Menjajal Android

Pada akhir 2008, grup Open Handset Alliance yang didirikan Google untuk mendukung pengembangan Android berhasil menggaet 14 anggota baru yang terdiri dari berbagai perusahaan bidang teknologi. Perusahaan tersebut bergerak dalam berbagai bidang, mulai dari pembuat ponsel, operator telekomunikasi hingga produsen chip. Bergabungnya perusahaan baru ini berarti semakin memperkuat posisi Android dalam industri ponsel, khususnya untuk menyaingi popularitas iPhone dari Apple. Nama-nama baru yang bergabung termasuk perusahaan besar seperti Sony Ericsson, ARM, Asustek, Garmin, Huawei Technologies, Toshiba, dan Vodafone. "Para anggota baru ini akan mengembangkan perangkat yang kompatibel dengan Android, memberi kode yang diperlukan dalam Android Open Source Project, ataupun mendukung ekosistem yang akan mempercepat ketersediaan perangkat berbasis Android," demikian pernyataan dari Open Handset Alliance. Produsen handset Sony Ericsson misalnya, menyatakan sedang mengerjakan perangkat Android yang diharapkan bisa dirilis pertengahan tahun 2009. Sedangkan Samsung dan LG juga tenga bersiap merilis Android pertamanya.

Meraksasa

Sesudah HTC G1, vendor lain seperti LG, Motorola dan Samsung menyusul dengan memperkenalkan handset Android pertamanya. Diikuti kemudian oleh Sony. Beberapa merek berhasil menuai popularitas besar. Seperti model Droid yang sukses membangkitkan Motorola dari keterpurukan. Namun tak disangka, Samsung yang pada akhirnya sukses besar mengadopsi Android, terutama mulai seri Galaxy S yang diperkenalkan tahun 2010. Hingga akhirnya Android mengantarkan Samsung menjadi penguasa pasar ponsel  diberbagai negara.

Untuk perkembangan nama-nama operating system Android akan kita bahas dikemudian hari. Kritik dan sarannya kami tunggu lo..

Referensi Artikel : inet.detik.com

Info dan Kontak Penulis
Nama : Masanom Aja
Hobi : Adventuring, Gardening, Designing
E-mail : onteknologi@yahoo.com
Facebook : Anom Wae
Tentang Penulis : Jangan biarkan opini orang lain mengganggu apa yang memang sebenarnya sudah ada pada dirimu. Jangan terperangkap dogma, yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang lain.


BACA JUGA :

 
Tentang Kami | Jadi Penulis | Pasang Iklan | Pingin Punya Website ??
Gagasane Techno © 2013 - All right reserved | Because We Need It