Rabu, 23 Januari 2013 | 18.36 | 0 Comments

Perbedaan Antara USB 2.0 Dengan USB 3.0

Kata USB terdengar bukanlah suatu hal yang asing lagi  bagi kita. USB merupakan kepanjangan dari Universal Serial Bus. USB biasa kita jumpai pada komputer, laptop, printer, kamera digital, mouse dan sebagainya. Sebelum kehadiran USB, port serial dan parallel menjadi pilihan utama jaman dahulu. Dengan kehadiran USB, port serial dan parallel pun mulai terlupakan. Berikut untuk logo USB :


USB 2.0
Teknlogi USB 2.0 mulai dikenalkan kira-kira bulan april tahun 2000. USB 2.0 memiliki kecepatan trnasfer rate atau data mencapai 480 Mbit/detik. Walau pada fakta yang ada, USB 2.0 hanya mampu mencapai 300 Mbit/detik. Dan tentunya kecepatan hal yang demikian juga dipengaruhi oleh hardware yang ada seperti RAM dan Processor. USB 2.0 memerlukan suplai daya sebesar 500mA. Pin Steker untuk USB 2.0 berjumlah 4 buah. Bisa anda lihat seperti pada gambar dibawah ini :
USB 3.0
Teknologi USB 3.0 mulai dikenalkan sejak tahun 2007, hembt... saya aja mulai mengenalnya tahun 2011 an. Yuhhh,, gaptek amat saya ini. hehehehehehe. Untuk USB 3.0 memeliki kecepatan transfer rate atau data mencapai 5Gbit/detik. Walahh hampir 10 kali lipat dengan USB 2.0, buruan beli. Dan perbedaan lainnya, permasalahan mengenai panjang kabel. Pada USB 2.0 dianjurkan panjang kabel maksimal 3 meter dikarenakan untuk menjaga kestabilan kecepatan transfer data agar tetap akurat. Lain halnya dengan USB 3.0, untuk tipe USB ini panjang kabel bukanlah faktor yang mempengaruhi kecepatan data. Dan kekurangan untuk tipe USB ini, belum adanya dukungan sistem operasi dan tentunya harus dilakukan instalasi driver terlebih dahulu.

Sedikit pembahasan mengenai Perbedaan Antara USB 2.0 Dengan USB 3.0. Semoga bermanfaat bagi kita semua, amin. Kritik dan sarannya jika mungkin ada kata yang kurang berkenan atau kesalahan dalam penjelasan saya silahkan komentar di form komentar facebook yang sudah tersedia dibawah ini.

Info dan Kontak Penulis
Nama : Masanom Aja
Hobi : Adventuring, Gardening, Designing
E-mail : onteknologi@yahoo.com
Facebook : Anom Wae
Tentang Penulis : Jangan biarkan opini orang lain mengganggu apa yang memang sebenarnya sudah ada pada dirimu. Jangan terperangkap dogma, yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang lain.


BACA JUGA :

 
Tentang Kami | Jadi Penulis | Pasang Iklan | Pingin Punya Website ??
Gagasane Techno © 2013 - All right reserved | Because We Need It