Jumat, 22 Februari 2013 | 15.13 | 0 Comments

Fakta-Fakta Unik Tentang Bluetooth

Siapa coba yang tidak kenal bluetooth? Yang belum kenal, sillahkan kenalan dahulu. Hehehehe... Bluetooth merupakan sebuah perangkat untuk menghubungkan antara perangkat elektronik dengan perangkat elektronik lainnnya. Seperti dari handphone ke handphone, handphone ke laptop, dan perangkat lainnya yang sudah mengusung teknologi bluetooth. 



Itulah deskripsi singkat mengenai bluetooth dari saya. Dan tahukah anda tentang fakta-fakta yang unik tentang bluetooth? Berikut sedikit informasi dari saya mengenai fakta-fakta unik tentang bluetooth :

1. Nama Bluetooth
Nama Bluetooth diambil dari salah satu seorang raja Denmark yang bernama King Harald Blatand. Lohh.. kok tidak ada kata yang sama?? Dalam lafal Inggris, nama King Harald Blatand dibaca King Harald Bluetooth. Raja ini berkuasa dalam kurun 958 sampai 986. King Harald Blatand merupakan sosok yang terkenal sebagai orang yang mampu menyatukan kawasan Denmark, Norwegia, dan Swedia.

2. Teknologi Bluetooth Pertama
Teknologi ini pertama kali diterapkan oleh Ericsson pada tahun 1994. Perusahaan tersebut mengadakan penelitian mengenai teknologi Bluetooth untuk mengetahui apa saja keuntungannya. Next, bersama Intel, IBM, Toshiba, dan Nokia, Ericsson  menghimpun SIG (Special Interest Group) pada tahun 1998. Pada tahun 1999 SIG mengeluarkan spesifikasi Bluetooth untuk pertama kali di dunia.

3. Bluetooth Merupakan Salah Satu Sinyal Radio
Sebagai sinyal radio, ternyata Bluetooth tidak cocok digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Hal tersebut mulai terungkap setelah Andretti Racing Team menggunakannya. Bluetooth mengandung gelombang radio microwave, yang dapat menimbulkan permasalahan kesehatan.

4. Bluetooth Memiliki Range YangCcukup Luas
Bluetooth mampu bekerja dalam jarak 10 meter. Dalam pengembangan terbaru, Bluetooth dikatakan mampu bekerja dalam jarak 100 meter.

5. Pengguna Bluetooth
Pada tahun 2008, penggunaaan bluetooth dalam handphone hanya 5 persen saja dibanding sekarang yang hampir 95 persen handphone menggunakan teknologi bluetooth. Infonya, hampir semua gadget telah mengusung teknologi ini seperti laptop, smartphone dan tablet. Bluetooth sekarang juga tersedia diberbagai accessories seperti headset, mouse, keyboard dan sebagainya. Juga terdapat pula bluetooth yang berbasis USB.


Info dan Kontak Penulis
Nama : Masanom Aja
Hobi : Adventuring, Gardening, Designing
E-mail : onteknologi@yahoo.com
Facebook : Anom Wae
Tentang Penulis : Jangan biarkan opini orang lain mengganggu apa yang memang sebenarnya sudah ada pada dirimu. Jangan terperangkap dogma, yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang lain.


BACA JUGA :

 
Tentang Kami | Jadi Penulis | Pasang Iklan | Pingin Punya Website ??
Gagasane Techno © 2013 - All right reserved | Because We Need It