Kamis, 31 Januari 2013 | 18.50 | 0 Comments

Cara Instalasi Prestashop di Server Local

Ide membuat artikel ini adalah ketika saya iseng - iseng membuat Toko Online / E-Commerce menggunakan CMS yang bernama Prestashop. Mungkin di luar sana sudah banyak yang meng share bahasan ini. Tapi tak ada ada salahnya disini saya berbagi pengalaman kepada rekan - rekan semua. Bagi yang belum mengetahui apa itu Prestashop, Prestashop merupakan suatu CMS yang khusus dan digunakan untuk membuat toko online untuk keperluan jual beli secara mudah dan gratis dalam penggunaannya. Sebelum kita menggunakan CMS yan satu ini, kita harus menginstalnya terlebih dahulu layaknya kita menginstall suatu aplikasi desktop atau software pada umumnya.


Untuk dapat melakukan proses installasi di dalam xampp / localhost / server local / secara offline maka, ada dua tools wajib yang kita gunakan dalam instalasi yakni :

Xampp : Untuk mendapatkan versi terbaru aplikasi ini bisa men Download Disini.
CMS Prestashop : Untuk mendapatkan file ini bisa men Download Disini.


Sesudah anda mendownload ke dua tools diatas, sekarang kita lanjut untuk proses instalasinya :

1. Install dan Jalankan Aplikasi Xampp.
Jangan lupa mengaktifkan dua service yang dibutuhkan yakni Apache (Sebagai Web Servernya) serta MySql (Sebagai pengolahan database) hingga terdapat tulisan Running.



2. Extract File Pretashop ke dalam directory.
Karena secara default instalasi Xampp akan berada di directory C maka pindahkan sartu file / folder Prestashop yang sudah di ekstract ke dalam directory C:/xampp/htdocs.



3. Membuat Database.
Caranya ketik di web browser yang anda gunakan http://localhost/phpmyadmin/. kemudian buatlah nama database nya terserah anda. Disini saya coba membuat dengan nama "prestashop". kemudian klik tombol Create.




Untuk Table Name dan Number of fields dikosongkan saja karena nanti akan terisi otomatis ketika proses instalasi.

4. Instalasi Step 1 : Welcome
Pilih bahasa yang akan digunakan dalam proses instalasi dan jangan lupa untuk menngklik centang di dalam User Agreement kemudian klik Next.



5. Instalasi Step 2 : System Compatability
Aplikasi akan mengecek apakah system yann digunakan di perangkat PC atau laptop rekan - rekan bisa untuk menjalankan CMS prestashop ini apa tidak. Jika muncul tulisan "Your configuration is valid, click next to continue!" Klik Next.



6. Instalasi Step 3 : System Configuration.
Intinya di dalam System Configuration ini, system akan mengkoneksikan prestashop dengan database yang telah kita buat di dalam http://localhost/phpmyadmin/ tadi. Isilah sesuai dengan konfigurasi database ditempat anda. Jika diberi password isikan password tersebut ke dalam field yang tersedia. Klik Next.



7. Instalasi Step 4 : Shop Configuration
Berikan informasi yang akan anda gunakan dan anda buat dalam Toko Online / Web E-Commerce. Jika sudah kemudian Klik Next.



8. Instalasi Step 5 : Intallation Process



Apabila muncul tampilan seperti di bawah ini :





Maka anda telah selesai melakukan instalasi CMS Prestashop di dalam server local anda. Namun sebelum anda benar - benar dapat menjalankan aplikasi CMS ini terlebih dahulu menghapus atau men delete folder instal di dalam file prestashop yang letaknya di C:/xampp/htdocs/prestashop.


9. Rename Folder Admin
Untuk dapat masuk ke dalam Control Panel Administraror maka ketikkan di web browser yang anda gunakan yakni http://localhost/prestashop/admin. Lalu akan muncul peringatan seperti di bawah ini.


Maksud nya dari peringatan tersebut yakni anda diharuskan menghapus folder install dan mengubah nama folder admin yang letaknya di C:/xampp/htdocs/prestashop. Disini saya mengubah nama folder tersebut yang tadinya admin menjadi "admin_gaul". Seperti yang terlihat pada gambar di bawah.



10. Log In Ke Dalam CPanel Admin
Ketikkan di web brower sobat http://localhost/prestashop/admin_gaul. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Inputkan Email dan Password yang tadi telah di buat di langkah ke 7.


Sesudah kita meng klik tombol Log In maka secara otomatis kita masuk ke dalam Control Panel Admin seperti berikut :




Dan untuk tampilan atau Interface Prestashop standar yang kita buat akan tampak seperti di bawah ini :


Mungkin cukup sampai disini saya memberikan tutorial mengenai Cara instalasi CMS Prestashop di dalam Server Local. Untuk selebihnya silahkan anda otak - atik sesuai dengan keinginan anda masing - masing. Disini saya juga masih belajar untuk mempelajari dan menggunakan CMS ini jadi mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam hal penyajian. Semoga Bermanfaat bagi rekan - rekan semua . . . .

Info dan Kontak Penulis
Nama : Aditya Dwi Cahyo Nugroho
Hobi : Programming, Bisnis Online, Jual Beli Online
E-mail : infokita32@gmail.com
Facebook : Aditya Dwi Cahyo Nugroho
Website : www.kiosbisnis.com
Tentang Penulis :
Lakukan segala sesuatu atas dasar ikhlas dan mengharap ridho dari Allah SWT, Dan DIA pasti akan membuka jalan bagi hambanya yang mau berusaha dan bersungguh - sungguh


BACA JUGA :

 
Tentang Kami | Jadi Penulis | Pasang Iklan | Pingin Punya Website ??
Gagasane Techno © 2013 - All right reserved | Because We Need It